Breaking News

Jumat, 22 Agustus 2014

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Cat

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Cat

Mungkin Anda terkadang tidak memprediksikan terlebih dahulu kebutuhan cat untuk ruangan anda yang ingin dicat, sehingga dalam pengecatan ruangan sering terjadi kekurangan ataupun kelebihan cat yang anda beli,
mungkin itu semua terjadi karena anda lupa atau tidak tahu cara menghitung yang benar kebutuhan cat untuk mengecat ruangan/rumah anda,  untuk menanggulagi kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti diatas mungkin alangkah lebih baiknya anda mengetahui cara menghitung kebutuhan cat yang benar. Berikut ini cara mudah menghitung kebutuhan cat yang harus disediakan untuk mengecat sebuah ruangan:
·        Ambil contoh ukuran dinding  persegi 4 dengan
panjang  :  4 m
lebar       :  3 m
tinggi      :  3 m
tinggi pintu     :  2 m
lebar pintu     :  0,5 m
tinggi jendela :  1 m
lebar jendela  :  1 m

Langkah 1
Hitung terlebih dahulu luas permukaan bidang dinding / tembok yang akan di cat, misalkan ada 4 bidang dinding yang akan dicat (lihat gambar).
Dinding  A = 4m x 3m = 20m2 x 2 sisi = 40 m2
Dinding  B = 3m x 3m = 9m2     x 2 sisi = 18 m2
Total luas berarti menjumlahkan Dinding A + dinding B
Total = 40m2 + 18m2 = 58m2

Langkah 2
Tambahkan dengan luas plafon ruangan (terkadang plafon dengan dinding dibedakan warna catnya, jadi menambahkan dengan luas plafon tidak berlaku jika warnanya berbeda).
Luas plafon = 3m x 4m = 12m2
Jumlahkan Total luas bidang dinding dan plafon
 58 m2+ 12 m2 = 70m2

Langkah 3
Kurangi dengan luas jendel dan pintu(jika ada)
Luas pintu
2m x 0,5m = 1m

Luas jendela
1m x 1m = 1m

Total luas pintu dan jendela
1m + 1m = 2m2

Setelah langkah 3 semua sudah dihitung baru kita hitung langkah 2 – langkah 3
70m2 – 2m2 = 68m2

Langkah 4
Untuk langkah yang terakhir yaitu luas keseluruhan bidang yang akan anda cat dibagi dengan daya sebar cat, disini masalahnya setiap merek cat mempunyai daya sebar yang berbeda-beda , bisa dibedakan dari kualitas cat yaitu medium atau premium, kalau medium biasanya untuk daya sebar 8m2 dengan 2 kali lapis dan yang berkualitas premium lebih banyak yaitu 12m2 dengan 2 kali lapis , disini yang saya akan hitung menggunakan kualiatas premium yang daya sebarnya 12m2 dengan 2 kali lapis.
Hitung:




Jadi yang dibutuhin 11,3 liter cat, berhubung tadi di atas menggunakan kualitas premium yang berisi 1 galonnya 2,5 liter berarti yang dibutuhin untuk mengecat ruangan anda adalah 11,3 : 2,5 Liter = 4,5 galon berhubung tidak bisa dibeli dengan ½ galon berarti anda harus beli 5 galon cat berkualitas premium.

Kalau anda ingin tahu cat apa saja yang berkualitas premium dan medium bisa dilihat di perbedaan  kualitas cat premium dan medium.


Sekian semoga bisa bemanfaat cara mudah menghitung kebutuhan cat , semogabisa bisa menjadi refrensi sebelum memulai pengecatan rumah anda, terimakasih. J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By VungTauZ.Com